RSS

Bali Bagus Bali Bagus :D

Tanah Lot

Tanah Lot’ adalah sebuah objek wisata di BaliIndonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Legenda

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben ‘akhirnya’ menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Lokasi

Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.

Fasilitas

Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.

Hari Raya

Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan danKuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu,

Gambar untuk Tanah Lot

           

Joger

Joger adalah sebuah produk yang dibuat oleh Mr Joger yang di Bali ini.Joger kini telah menjadi pilihan banyak wisatawan lokal yang sedang berlibur di pulau Bali.
Joger adalah pabrik kata-kata. Tidak salah memang banyak orang menyebutnya begitu. T-shirt yang diproduksi Joger memang berisi kata-kata yang lucu, “nyeleneh”, nakal dan membuat orang menjadi penasaran akan maknanya.

Menurut pemiliknya, Joseph Theodorus Wulianadi, yang cukup lama tinggal di Bali dan pernah berprofesi sebagai tour guide ini, nama Joger diambil dari gabungan namanya sendiri dan sahabatnya “Gerard”. Modal untuk memulai usaha ini didapat dari hadiah pernikahan Bapak Joseph di tahun 1981 dari Bapak Gerard.

Kini tiap musim liburan atau tidak, toko T-shirt yang satu ini selalu ramai dan bikin macet kawasan jalan Raya Kuta, belakang Supernova. Letaknya sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Kuta, cuma kadang-kadang masalahnya parkir mobil yang susah, apalagi kalau musim liburan.

Sebelum masuk pintu, anda akan disambut tulisan-tulisan garing seperti “Ini tembok Joger, bukan tembok Berlin”. Ketika masuk, makin banyak kata-kata garing yang anda temui. Lihat saja di beberapa merchandise kecil, Joger menulis “Milik pabrik kata-kata Joger, Kuta, Balinesia yang tak terpisahkan dari Indonesia. Okay?”. Mungkin seperti Jumat Kumat di ID-Gmail yang punya tagline, GARING adalah FEATURE.

Dahulu Mr. Joger adalah orang luar negeri dan menikah dengan wanita Bali. Mr. Joger memang kreatif. Sangat kreatif. Ia menerapkan marketing terbalik. Maksudnya, ketika banyak produsen berlomba-lomba menjunjung tinggi produk mereka lewat iklan-iklan di media cetak atau elektronik, maka Joger berbeda. Dengan jelas, Joger menulis “Joger jelek, Bali bagus, Joger jelek, Bali cantik”. Satu hal lagi, anda tidak diperkenankan untuk membeli banyak.

Wisatawan lokal yang berkunjung ke Bali rasanya tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas Joger. Sayangnya, Joger hanya buka sampai jam 6 sore WIT. Mungkin tidak menjadi masalah berarti untuk para wisatawan domestik.

Produk teraneh di Joger, adalah Jam mundur. Katanya, dibuat khusus untuk orang-orang yang berpikiran maju. Harganya tidak terlalu mahal, dengan 65 ribu rupiah, anda bisa mendapatkan satu jam dinding yang berjalan mundur. Sungguh sebuah terobosan yang gila.

Untuk menangkal serangan maling, Joger juga punya kata-kata seperti “Dilarang maling!, karena TUHAN, kan ada di mana-mana!” yang disertakan dalam tiap produk. Entah, kata-kata itu berkhasiat apa tidak.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Joger jika pergi ke Bali. Karena belanja tidak belanja, tetap thank you. Begitu tagline yang diusung Joger. Jika tidak punya cukup uang untuk berbelanja, berburu stiker saja sudah cukup murah.

Mr. Joger

Karya Mr Joger

     

Tembok Joger

Bedugul

Bedugul merupakan salah satu tempat/objek wisata Bali yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin.

Lokasi
Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional (Airport) Ngurah Rai. Objek wisata bedugul terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturit kabupaten tabanan kurang lebih jaraknya 45 km dari pusat kota kabupaten dan Jaraknya dari kota denpasar sekitar 50 km ke arah utara mengikuti jalan raya Pura tersebut berada di tepi danau Beratan, nama pura ulun danu diambil dari kata danau.

Sejarah
Sejarah Pura Ulun Danu Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras diperkirakan lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik.Dalam lontar Babad Mengwi tersirat menguraikan bahwa I Gusti Agung Putu sebagai pendiri kerajaan Mengwi mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan, sebelum beliau mendirikan pura taman ayun Dalam lontar tersebut tidak disebutkan kapan beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, namun yang terdapat dalam lontar itu adalah pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada hari Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun caka 1556 atau 1634 M. Berdasarkan uraian dalam lontar Babad Mengwi tersebut diketahui bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu. Semenjak pendirian pura tesebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu digelari oleh rakyatnya ” I Gusti Agung Sakti”. Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu:

Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta. Ada bebarapa tempat yang menyenangkan yang bisa kita kunjungi, antara lain :

1. Objek wisata Danau Beratan

Danau Beratan merupakan salah satu objek wisata di Bedugul yang sayang kalau Anda lewatkan. Cuaca yang sejuk di siang hari membuat Anda merasa nyaman untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau Beratan. Untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau, Anda bisa menyewa kapal boot dan sampan. Sangat cocok bagi Anda dan keluarga atau bersama pasangan Anda untuk menikmati keindahan alam di sekitar danau Beratan.

Danau Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar – Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Beratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.

Di tengah danau terdapat sebuah Pura yaitu Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.

Berikut adalah gambar suasana di Danau Beratan

Danau BeratanDanau Beratan

2. Objek Wisata Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali

Surga…itulah kesan pertama ketika Anda menginjakkan kaki diKebun Raya Eka Raya. Rasa penat, capek, stres, atau rasa beban berangsur-angsur akan hilang bila sudah memasuki area kebun raya Eka Karya ini. Lokasinya tidak jauh dari Danau Beratan, sekitar 2 km. Jarak tempuh sekitar 2 jam atau 70 km dari Denpasar atau 40 km dari Singaraja dengan perjalanan darat. Untuk masuk ke wilayah kebun raya Eka Karya, Anda akan dikenakan tarif. Berdasarkan PP RI No. 75/2007, tarif masuknya adalah :

1. Tiket pengunjung/orang  :  Rp. 7.000,-

2. Tiket parkir roda 2  :  Rp. 3.000,-

3. Tiket parkir roda 4  :  Rp. 6.000,-

4. Tiket parkir roda 6  :  Rp. 12.000,-

5. Tiket mobil masuk  :  Rp. 12.000,-

Tarif sudah termasuk asuransi PT. Jasaraharja Putera dan kontribusi ke Pemda Tabanan.

Kebun ini didirikan pada 15 Juli 1959, pada awalnya Kebun Raya Eka Karya Bali hanya diperuntukkan bagi tumbuhan jenis coniferae. Seiring dengan perkembangan dan perubahan status serta luas kawasannya, kebun yang berada pada ketinggian 1.250 – 1.450 mdpl ini kini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia. Luas kawasan Kebun Raya semula hanya 50 ha, tetapi saat ini luas kebun raya menjadi 157,5 ha.

Kebun Raya BedugulKebun Raya BedugulKebun Raya Bedugul

Sangeh

Sangeh adalah sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di sebelah utara Ubudkabupaten Gianyar.

Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas tapi kadangpula ada monyet yang sangat jinak di sebuah bukit bernama Bukit Sari. Di sana ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari. Monyet di sini berkuasa dan konon memiliki tiga wilayah kerajaan.

Menurut legenda setempat Bukit Sari dan monyet ini berada di sana ketika Hanoman, sebuah tokoh dalam wiracarita Ramayana, mengangkat gunung Mahameru. Beberapa bagian gunung ini jatuh di sana dan sejak saat itu monyet berkuasa di sana.

Monyet-monyet disana tidak boleh dipegang apalagi dielus.Menurut rakyat Bali konon monyet-monyet ini adalah monyet suci jelmaan malaikat penjaga surga. Jika monyet-monyet ini berteriak keras-keras Raja Monyet turun. Akan tetapi yang mana Raja Monyet itu tidak diketahui.

Monyet-monyet ini juga sangat terlatih. Mereka sudah bisa bertingkahlaku seperti manusia. Mereka bisa mencopet. Jika ada pengunjung yang kelihatan membawa barang berharga mereka akan berakswi untuk merebut barang tersebut. Jika barang sudah terlanjur dibawa oleh monyet kita bisa menukarnya dengan makanan. Jika tidak mau biasanya petugas disana yang langsung bertindak. Penunjung disana hanya boleh memberi makan dan tiak boleh mengganggu ketenangan monyet.

Konon jika punggung kita dihinggapi oleh monyet secara tidak sengaja, maka kita akan cepat mendapatkan jodoh. Jikalau kita dihinggapi, kita tidak boleh berteriak apalagi lari-lari ketakutan. Kita dianjurkan jongkok pelan-pelan agar monyet tersebut turun. Jikalau kita berteriak-teriak monyet itu akan semakin memeluk kita.

Disangeh juga tidak boleh bergandengan tangan. Jika kita bergandengan tangan maka monyet-monyet tersebut akan mengejar kita. Jika takut lebih baik kita tidak usah ikut masuk, daripada nanti kita ketakutan, para monyet berteriak-teriak memanggil Rajanya. Di sana banyak sekali monyet berkeliaran dimana-mana, di warung, di toilet, di mushola, dll. Maka berhati-hatilah.

Gambar untuk Sangeh

     

Khrisna

Krisna Oleh – Oleh Khas Bali berdiri pada tanggal 16 Mei 2007 di Jalan Nusa Indah No. 77 Denpasar – Bali. memproduksi baju kaos sendiri sebagai cenderamata khas Bali bergambar karikatur didesain unik secara khusus melibatkan para designer terkemuka. Segmen oleh – oleh khususnya berupa baju kaos khas Bali yang dibuat konfeksinya meledak diminati pasar. Melihat banyaknya antusiasme wisatawan yang datang berkunjung dan membeli baju khas karikatur Bali ini membuat Krisna Oleh – Oleh Khas Bali sukses besar dengan penjualan melampaui target yang ditentukan. Disamping itu beragam oleh – oleh khas Bali lainnya yang tersedia lengkap juga tidak kalah menyedot minat para pengunjung. Menyadari cukup banyaknya minat konsumen dengan produk yang dimiliki Krisna Oleh – Oleh Khas Bali satu di Jalan Nusa Indah dan potensi pasar yang besar, maka kemudian terealisasilah Krisna Oleh – Oleh Khas Bali di Jalan Nusa Kambangan 160 A Denpasar pada tanggal 16 Mei 2008. pada tanggal 16 Mei 2009 diresmikan sebuah imperium dagang mega outlet pusat perbelanjaan Krisna Oleh – Oleh Khas Bali di kawasan Sunset Road Kuta, yang sengaja dibangun untuk memudahkan dan memanjakan para wisatawan untuk berbelanja memperoleh cenderamata khas Bali dengan nyaman, hemat di tempat yang respresentatif dengan keindahansunsetnya. Belum juga berakhir sampai disitu, dengan segala ketulusan hati ingin menampung tenaga kerja dan menyalurkan hasil karya pengrajin lebih banyak lagi, Anom memperluas lagi areal Krisna Oleh – Oleh Khas BaliSunset Road tersebut menjadi dua kali lipat ( seluas 1000 m) sehingga semakin menguatkan gaung Krisna Oleh – Oleh Khas Bali sebagai pusat oleh – oleh terbesar di Pulau Dewata.

Terinspirasi dari denyut kehidupan dikawasan Kuta yang tak pernah padam, muncul dinenam Anom untuk mengikuti irama kehidupan. Tahun 2010 didirikanlah Krisna Oleh – Oleh Khas Bali yang ke empat dengan nama Rama Krisna Oleh – Oleh Khas Bali dengan konsep buka 24 jam non stop. Ini menandakan kehidupan pariwisata Bali yang tidak akan pernah berhenti.

Gambar untuk Khrisna :

Art Center

Taman Budaya merupakan tempat pertunjukan seni terbesar di Bali, PKB( Pusat Kesenian Budaya ). Festival seni ini melibatkan perwakilan dari seluruh kabupaten dan kotamadya yang ada di provinsi Bali.Tidak ketinggalan, peserta dari luar daerah dan luar negeri sering ikut menyemarakkan pesta seni yang digelar setahun sekali ini.PKB selalu digelar di saat anak-anak sekolah liburan yaitu mendekati pertengahan bulan Juni – Juli.Masyarakat Bali berpesta seni selama 1 bulan penuh.Sebelum memasuki gedung, di sanaada taman yang bagus serta kolam teratai. Di dalamnya banyak sekali lukisan – lukisan, seni ukir, juga seni pahat.Di dalam gedung, dapat menopang 6000 penonton.

Gambar   : 

Braja Sandi

Monumen Bajra Sandhiadalah monumen perjuangan rakyat Bali yang terletak di Renon, DenpasarBali.Monumen ini menempati areal yang sangat luas, ada beberapa lapangan bola di sekelilingnya.

Monumen Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman. Lokasi monumen ini terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Propinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Propinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon.

Keseluruhan data daerah monumen berbentuk segi empat bujur sangkar dengan penerapan konsepsi Tri Mandala :

  1. Sebagai Utama Mandala adalah pelataran/gedung yang paling di tengah
  2. Sebagai Madya Mandala adalah pelataran yang mengitari Utama Mandala
  3. Sebagai Nista Mandala adalah pelataran yang paling luar yang mengitari Madya Mandala

Bangunan gedung monumen pada Utama Mandala tersusun menjadi 3 lantai :

  • Utamaning Utama Mandala adalah lantai 3 yang berposisi paling atas berfungsi sebagai ruang ketenangan, tempat hening-hening menikmati suasana kejauhan disekeliling monumen. Para pengunjung bisa melihat panorama Denpasar dari tempat ini. Pada saat cuaca cerah sehingga pemandangan Denpasar terlihat jelas. Untuk mencapai tempat ini harus melewati tangga melingkat yang lumayan tinggi.
  • Madyaning Utama Mandala adalah lantai 2 berfungsi sebagai tempat diorama yang berjumlah 33 unit. Lantai 2 (dua) ini sebagai tempat pajangan miniatur perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa. Dioramanya mirip dengan yang ada di Monas, Jakarta. Tapi yang di sini hanya menampilkan perjuangan rakyat Bali. Mulai zaman kerajaan, masuknya Hindu, Majapahit, penjajahan, perang kemerdekaan, hingga saat ini.

Di bagian luar sekeliling ruangan ini terdapat serambi atau teras terbuka untuk menikmati suasana sekeliling.

  • Nistaning Utama Mandala adalah lantai dasar Gedung Monumen, yang terdapat ruang informasi, ruang keperpustakaan, ruang pameran, ruang pertemuan, ruang administrasi, gedung dan toilet. Ditengah-tengah ruangan terdapat telaga yang diberi namasebagai Puser Tasik, delapan tiang agung dan juga tangga naik berbentuk tapak dara.
  • Diorama 1 :Bali pada masa berburu dan mengumpulkan makanan (3000 SM)
  • Diorama 2 : Bali pada masa perundagian (2000 SM)
  •  Diorama 2 Bali pada masa perundagian (2000 SM)
  •  Diorama 3 Stupika dan Prasasti Sukawana (778 M)
  •  Diorama 4 Rsi Markandeya (abad ke-8 M)
  •  Diorama 5 Rsi Kesari Warmadewa (914 M)
  •  Diorama 6 Gunapriyadharmapatni dan suaminya Dharmadayana Warmadewa (989-1011)
  •  Diorama 7 Konsep Kahyangan Tiga dari Empu Puturan (abad ke-11 M)
  • Diorama 8 Kehidupan Banjar (abad ke-11 M)
  • Diorama 9 Sistem Subak (abad ke-11 M)
  • Diorama 10 Sri Astasura Ratna Bumi Banten (Tahun 1338 M)
  • Diorama 11 Penobatan Sri Kresna Kepakisan (1347-1350)
  • Diorama 12 Pembangunan Pura Dasar Gelgel (abad ke-14)
  • Diorama 13 Dalem Waturenggong (1460-1550 M)
  • Diorama 14 Dang Hyang Nirartha (1489 M)
  • Diorama 15 Masa kejayaan kerajaan-krajaan di Bali (abad ke-17 sampai 19)
  • Diorama 16 Patih Jelantik merobek surat Gubernur Jendral (1846)
  • Diorama 17 Perang Jagaraga (1848-1849)
  • Diorama 18 Patih Kusamba (1849)
  • Diorama 19 Perlawanan Rakyat Banjar (1868)
  • Diorama 20 Puputan Badung (1906)

Lingkaran Dalam: 21 samapai 33 Diorama Diorama-Diorama tersebut menggambarkan:

  • Diorama 21 Persiapan Sagung Wah melawan Belanda (1906)
  • Diorama 22 Puputan Klungkung (1908)
  • Diorama 23 Bangkitnya organisasi pemuda (1923-1928)
  • Diorama 24 Bali dibawah Fasisme Jepang (1942-1945)
  • Diorama 25 Menyebarluaskan berita proklamasi (1945)
  • Diorama 26 Pusat komando pemuda Republik Indonesia (September 1945)
  • Diorama 27 Peristiwa Bendera di Pelabuhan Buleleng (27 Oktober 1945)
  • Diorama 28 Pertempuran Laut di Selat Bali (1946)
  • Diorama 29 Serangan terhadap Tangsi NICA (1946)
  • Diorama 30 Pembentukan Dewan Perjuangan Rakyat Indonesia Sunda Kecil (1946)
  • Diorama 31 Pertempuran Tanah Aron (1946)
  • Diorama 32 Pertempuran Marga (1946)
  • Diorama 33 Bali dalam mengisi kemerdekaan

Gambar   :

Sanur

Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelanconganpariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ini letaknya adalah persis di sebelah timur kotaDenpasaribukota Bali. Sanur berada di Kotamadya Denpasar.

Pantai Sanur terutama adalah lokasi untuk berselancar (surfing). Terutama ombak pantai Sanur sudah termasyhur di antara para wisatawan mancanegara. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian.

Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai Matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta.

Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka pantai Bali ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise atau Matahari terbit. Hal ini menjadikan tempat wisata ini makin menarik, bahkan ada sebuah ruas di pantai Sanur ini yang bernama pantai Matahari Terbit karena pemandangan saat Matahari terbit sangat indah jika dilihat dari sana.

Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam sanderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya.

Selain itu, pengunjung bisa melihat Matahari terbit dengan berenang di pantai. Sebagian kawasan pantai ini mempunyai pasir berwarna putih yang eksotis. Dilengkapi dengan pohon pelindung, pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati jagung bakar ataupun lumpia yang banyak dijajakan pedagang kaki lima.

Sepanjang tempat wisata pantai Bali ini sekarang sudah dilengkapi dengan penunjang wisata berupa hotel, restoran ataupun kafe-kafe kecil serta art shop. Salah satu hotel tertua di Bali dibangun di pantai ini. Hotel ini bernama Ina Grand Bali Beach yang terletak persis di tepi pantai. Selain itu, sepanjang garis pantai juga dibangun semacam area pejalan kaki yang seringkali digunakan sebagai jalur jogging oleh wisatawan ataupun masyarakat lokal. Jalur ini terbentang ke arah selatan melewati pantai Shindu, pantai Karang hingga Semawang sehingga wisatawan bisa berolahraga sekaligus menikmati pemandangan pantai di pagi hari.

Gambar   :

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa Water Sportadalah satu paket wisata air yg ditawarkan kepada para wisatawan yg berlibur di Bali dengan mengambil lokasi di daerah Tanjung benoa dekat dengan kawasan wisata Nusa Dua.Pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang dan tidak ada arus laut, menjadikan Tanjung Benoa sebagai satu-satunya tempat untuk olahraga air ini.Semua permainan di sini aman dan anda mendapat asuransi jika terjadi hal-hal yg tidak diinginkan. Ada beberapa permainan ditawarkan di sini seperti:

 

* Parasailing Anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengeliling pantai Tanjung Benoa persis seperti terjun payung betulan. Waktu permainan ini satu putaran kira-kira 4 menit di udara. Ketinggian tali yg menghubungkan antara parasut dengan speed boat kurang lebih 80 meter.

 

* Jetski mengendarai kendaraan di pantai seperti sepeda motor. Jetski di sini tidak bisa anda kendarai sendiri, harus didampingi oleh instruktur, karena di pantai ini banyak terdapat perahu dan aktifitas watersport lainnya. Instruktur hanya akan mengendarai dari pinggir pantai menuju ke tengah laut, sampai disana giliran anda yang menyetir dan membonceng si instruktur. Waktu permainan ini adalah 15 menit. Kalau anda mau, cobalah menerjang ombak yang ada maka anda akan merasakan sensasi nikmatnya berkendara jetski ini.

 

* Banana Boat menggunakan perahu karet tunggal, anda akan ditarik oleh speed boat berkeliling pantai dalam waktu 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah maximal 4 orang dan 1 orang instruktur sebagai pendamping.Anda bisa minta diceburkan ke air selama boat berjalan, atau kalau tidak mau basah minta yang normal-normal saja.Kurang seru rasanya kalau main banana boat tanpa nyebur.

* Flying Fish (Ikan terbang) ini permainan paling baru di Bali. 3 buah banana boat dijadikan satu dengan tambahan rubber boat melintang di depannya dan ada semacam sayap disamping kanan kiri.Flying Fish dimainkan maximal oleh 3 orang, yaitu 2 orang penumpang di sisi kanan kiri dan 1 orang instruktur di tengah-tengah. Posisi anda bisa berdiri seperti mengendarai sepeda motor atau tidur terlentang. Flying Fish ini akan ditarik oleh speed boat berkecepatan cukup tinggi dengan jalur melawan arah angin. Dengan demikian, flying fish akan terbang di atas air kira-kira 2 meter atau lebih bergantung pada kecepatan angin. Persis seperti layangan.Bagi yg suka tantangan, jangan melewatkan untuk mencoba permainan ini.

 

* Snorkeling yaitu berenang sambil melihat pemandangan bawah laut. Syarat utamanya anda harus bisa berenang. Dengan menggunakan masker dan fin, anda akan melihat ikan-ikan hias serta terumbu karang yang ada sambil berenang.

 

* Scuba Diving Lebih bagus dibandingkan cuma snorkeling. Anda akan diberikan perlengkapan diving komplit, mulai dari pakaian, tangki oksigen dsb. Diving tidak harus bisa renang, lebih baik kalo anda tdk bisa renang, karena lebih mudah. Satu wisatawan akan ditemani oleh satu instruktur di bawah air, jadi tidak perlu khawatir. Sebelumnya, anda akan di-brief dulu tentang cara-cara menyelam yg benar. Kedalaman bagi pemula berkisar antar 3 meter – 7 meter didalam air selama 40 menit. Sambil membawa roti utk makanan ikan, anda akan melihat indahnya pemandangan bawah laut yg dipenuhi oleh terumbu karang yang cantik dan ikan hias warni-warni.

 

* Glass Bottom Boat plus pulau Penyu (Turtle Island) adalah wisata yg paling cocok jika anda mengajak anak anda yang masih kecil-kecil. Dengan menaiki perahu yang di bawahnya ada kaca bening, anda akan diajak berlayar melihat akuarium bawah laut yang terdapat di pantai Tanjung Benoa. Sambil melemparkan roti dari perahu, ikan-ikan akan naik dan mengejar makanan tersebut. Jumlahnya ratusan ekor dan berwarna warni.Demikian juga dengan pemandangan karang laut yang cantik. Setelah puas, perahu akan meluncur menuju Pulau Penyu (Turle Island) untuk melihat lokasi penangkaran PENYU. Di sini anda akan melihat telur penyu yang dikeram, kemudian penyu yang masih kecil-kecil, penyu remaja sampai dengan penyu dewasa yang sudah siap menjadi induk. Jenis penyu tidak hanya satu saja, tapi ada beberapa jenis. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat binatang lain seperti burung, kelelawar, ular, dll yang sangat jinak, sehingga bisa anda pegang untuk difoto.Permainan ini kira-kira selama 1 jam.

 

*Seawalker adalah wisata berjalan di dasar laut Tanjung Benoa

tanjung benoa,,tanjung benoa bali,,pantai tanjung benoa,,tanjung benoa watersport,,pantai tanjung benoa bali,,tanjung benoa water sport,,tanjungbenoawatersport com,,tanjong benoa,,watersport tanjung benoa,,water sport tanjung benoa,

Pantai Tanjung Benoa terletak di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Propinsi Bali, Pulau Bali, Indonesia.

Pantai Tanjung Benoa adalah salah-satu pantai yang cukup terkenal di Pulau Bali, dengan wisata airnya yang beraneka ragam telah membuat Pantai ini dikenal sebagai pusat wisata air di Bali. Setiap tahunnya banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk tujuan berlibur, baik bersama teman atau bersama keluarga. Tempat ini adalah tempat yang sangat cocok untuk liburan keluarga.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini, seperti bersantai bersama teman atau keluarga, berjemur, berjalan-jalan sepanjang pantai, berenang dan lain-lainnya.

Tanjung Benoa mempunyai pantai yang landai, berpasir putih serta ombak lautnya cenderung tenang sehingga kurang cocok untuk olahraga selancar.

Sehingga, pantai ini sangat cocok untuk beragam aktifitas watersport atau wisata bahari seperti snorkeling, sea walker, parasailing, flying fish, banana boat, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, roling donut, tour pulau penyu dan kapal glassbottom boat.

Gambar   :

Kuta

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatanDenpasaribu kota Bali,Indonesia. Kuta terletak diKabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.

Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.

Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Gambar   :

Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (bahasa Inggris: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak ditanjung Nusa Dua,Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatanDenpasaribu kotaprovinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuahlandmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasaDewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.[1]

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.[1]

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond.Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu.Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap.Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

 

Tempat rekreasi di GWK

GWK mempunyai beberapa tempat rekreasi di antaranya:

  • Wisnu Plaza

Wisnu Plaza adalah tanah tertinggi di daerah GWK dimana tempat kita sementara merupakan bagian paling penting dari patung Garuda Wisnu Kencana patung Wisnu.

Pada waktu tertentu hari, akan ada beberapa kinerja tradisional Bali dengan megah patung Wisnu sebagai latar belakang. Karena lokasinya yang tinggi, Anda dapat melihat panorama sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Wisnu Plaza, dikelilingi oleh air mancur dan air sumur di dekatnya suci yang katanya tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Parahyangan Somaka Giri ditempatkan di sebelah patung Wisnu.Ini tempat air berada, yang secara historis telah dipercaya oleh rakyat di daerah tersebut sebagai berkat dengan kekuatan magis yang kuat untuk menyembuhkan penyakitnya dan meminta para dewa hujan selama musim kemarau.Karena lokasinya di tanah tinggi (di atas bukit), fenomena alam ini dianggap orang suci dan lokal diyakini itu menjadi air suci.

  • Street Theater

Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.Di sini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi.

Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market. Kita bahkan dapat menemukan spa Bali dan produk aromaterapi di toko ini.Sementara di sini, mengapa tidak mencoba pijat refleksi kaki Bali setelah berjalan-jalan. Kita bisa mencicipi makanan yang baik dengan harga terbaik hanya di pengadilan makanan kita, Makanan Teater, dan restoran terbaru kami, The Beranda dengan paket all you can eat.

Pada beberapa kali sehari, kita dapat menikmati belanja dan makan sambil ditemani kinerja Bali khususnya seperti barongrindik danparade.

  • Lotus Pond

Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Budaya, kemungkinan besar, di Bali.Dengan demikian, Lotus Pond adalah tempat yang tepat dan hanya untuk mengadakan acara outdoor skala besar.

Selama bertahun-tahun, GWK telah dipercaya untuk skala besar diadakan, baik nasional maupun internasional, acara di Lotus Pondseperti konser musik, pertemuan internasional, partai besar. Lotus Pond adalah tempat yang unik dengan pilar batu kapur di sisi dan patung megah Garuda di latar belakang.

Lotus Pond berawal dari teratai.Teratai adalah simbol utama keindahan, kemakmuran, dan kesuburan.Wisnu juga selalu membawa bunga teratai di tangannya dan hampir semua dewa dari dewa Hindu yang duduk di teratai atau membawa bunga.

Beberapa fakta menarik adalah bahwa tanaman teratai tumbuh di air, memiliki akar dalam ilus atau lumpur, dan menyebarkan bunga di udara di atas.Dengan demikian, teratai melambangkan kehidupan manusia dan juga bahwa kosmos.

Akar teratai tenggelam dalam lumpur merupakan kehidupan material.Tangkai melewatkan melalui air melambangkan eksistensi di dunia astral. Bunga mengambang di atas air dan membuka ke langit adalah emblematical spiritual sedang.

  • Indraloka Garden

Taman ini diberi nama Indraloka setelah surga Dewa Indra karena pandang panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di Garuda Wisnu Kencana untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Kita bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden.

 

  • Amphitheatre

Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik.Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA.Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

  • Tirta Agung

Tirta Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah.Anda juga dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu, bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.

Gambar   :

Kertalangu

Kertalangu adalah tempat perbelanjaan oleh oleh khas Bali yang menjual bebrapa barang barang khas bali, seperti baju, kaos, gantungan kunci, sandal, tas souvernir, dll. Harga di sana relatif murah karena sudah disesuaikan oleh harga pasar, namun harga tidak boleh ditawar

Gambar   :

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: