RSS

PBA Ratu Boko

  1. Gerbang Utama

Terdiri dari 2 pintu gerbang di paduraksa dengan atap menginformasikan ratna dan memiliki fungsi sebagai pintu gerbang utama. Gerbang pertama terbuat dari andesit, namun lantai, dinding tangga terbuat dari batu kapur putih lembut. Gerbang pertama panjang berukuran 12.15 m, lebar 6.90 dan 5.05 tinggi, memiliki 3 pintu.

2. Gerbang Kedua

Sebuah gerbang yang terdiri dari 5 gerbang dengan gerbang tengah lebih besar dibanding keempat gerbang lainnya. Gapura kedua berukuran panjang 18.60 m, lebar 9.00 m , tinggi 4.50m dan memiliki 5 pintu.

bentuknya hampir mirip dengan gerbang yang pertama hanya saja memiliki jumlah yang berbeda. entahlah apakah kedua bangunan ini memiliki fungsi yang sama atau tidak, tapi pasti ada kejelasannya hanya tidak tertulis.

3. Cani Pembakaran

Terbuat dari batu andesit, berukuran panjang 22,60 m, lebar 22,33 m dan 3,82 m tinggi. Pembakaran didasarkan pada temuan abu. Sumurnya berukuran 2.30 m X 1.80 m, kedalaman air di musim kemarau sekitar 2 m. Dahulu, air dari sumur ini di gunakan dalam upacara keagamaan pada Candi Pembakaran. Hal ini dipercayai bahwa air membawa keberuntungan bagi siapa saja yang menggunakannya. Orang orang Hindu menggunakannya untuk Upacara Tawur Agung sehari sebelum Nyepi, untuk mendukung percapaian kesucian diri dan mengembalikan bumi menjadi kebentuk awalnya. Pada saat ini Candi Pembakaran sedang mengalami renovasi. Karena pada saat gempa bumi tanggal 27 Mei 2006 Candi Pembakaran mengalami kerusakan yang sangat parah. Namun renovasi yang dilakukan ini tidak mengubah sedikitpun bentuk aslinya.

4. Alun-alun

Tempat untuk kegiatan dari kerajaan tersebut atau pusat dari Kerajaan yang ada di bukit Ratu Boko. Alun – alun berada di depan gapura II.

5. Umpak

Berada di sebelah alun-alun,di samping umpak ada 2 buah paseban. Umpak berfungsi sebagai tempat pertemuan para prajurit dengan Raja Kerajaan Ratu Boko.

         

Paseban I                                                                                             Paseban II

6. Paseban

Paseban ada 2. Fungsinya menghadap ataupun menemui pemimpin Kerajaan Ratu Boko. Keduanya terbuat dari dari batu andesit.

7. Pendopo Situs

Pagar pendopo berukuran panjang 40.80 m, lebar 33.90 m dan tinggi 3.45 m. Kaki dan atap pagar keliling terbuat dari batu andesit sedangkan tubuhnya terbuat dari batu andesit sedangkan tubuhnya terbuat dari batu putih. Di dalam pagar keliling terdapat dua buah batur. Batur sisi utara berukuran panjang 20.57 m, lebar 20.49 m dan tinggi 1.43 m sedang batur sisi selatan desebut pringgitan berukuran panjang 20.50 m, lebar 7.04 m dan tinggi 1.51 m. kedua buah batur ini dihubungkan dengan selasar yang terdiri dari batu andesit. Di atas batur pendapa terdapat 24 umpak, sedang di atas batur pringgitan terdapat 12 buah. Umpak umpak tersebut diperkirakan berfungsi sebagai landasan tiang penyangga yang terbuat dari kayu. Batur bangunan ini merupakan bangunan sentral yang diatasnya didirikan tiang tiang sebagai penyangga bangunan dan diperkirakan mempunyai dinding bangunan.

     

Gua Lanang                                                                                       Gua Wadon

8. Gua

Di situs Ratu Boko terdapat Gua lanang dan Gua Wadon. Dinamakan Gua Wadon karena terdapat semacam relief yang menggambarkan alat kelamin wanita ( Lambang Yoni ) di atas pintunya Yoni adalah symbol kelamin wanita biasanya dilengkapi dengan lingga yaitu symbol kelamin laki laki, yang merupakan salah satu dewa siwa dalam agama hindu. Persatuan antara keduanya menyebabkan kesuburan. Diharapkan daerah sekitar Lingga dan Yoni ikut menjadi subur dan makmur. Gua ini diduga berfungsi sebagai tempat untuk bersemedi.

9. Kolam

Kompleks kolam dibagi menjadi dua bagian, utara dan selatan. Kedua bagian ini dipisahkan oleh dinding dan terhubung dengan sebuah gerbang. Kompleks utara adalah persegi panjang, itu terdiri dari 7 kolam (5 kolam renang besar dan 2 kolam kecil).kompleks selatan terdiri dari 28 kolam, 14 kolam bundar yang besar, 13 kolam bundar kecil, dan 1 kolam persegi kecil.

10. Candi Batu Kapur

Berbentuk sebuah pondasi dengan ukuran 5 x 5 meter persegi, terbuat dari Batu kapur. Pondasi ini terletak disebelah timur Laut, sekitar 45 meter dari Gapura Utama Pertama.

11. Miniatur Candi

Terletak di sebelah Tenggara dari Pendopo dan di apit oleh 2 buah candi apit. Yang ditengah adalah Candi terbesar dan utama. Di depan miniatur candi tersebut ada sebuah kotak. Yang fungsinya, ketika miniatur candi tersebut disiram dengan air, maka akhirnya akan turun ke kotak. Di dalam kotak tersebut ada renasi air yang membuang air kearah selatan. Penemuan kalau Kerajaan Ratu Boko tersebut merupakan salah satu peninggalan dari Agama Hindu, dikarenakan kotak tersebut merupakan pemujaan Dewa Syiwa.

 

2 responses to “PBA Ratu Boko

  1. Faranisa10

    January 10, 2012 at 1:32 am

    apik apik

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: